Titik Air Kehidupan untuk Warga dalam Pedalaman Timor NTT

Titik Air Kehidupan untuk Warga dalam Pedalaman Timor NTT

Liputan6. com, Kupang – Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial. Yayasan yang dibangun oleh almahrum Moses Kamlasi dalam Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT pada tahun 2017 tersebut lebih fokus ke pengadaan minuman sumur bagi warga pedalaman dalam wilayah Timor.

Sejak pendirinya meninggal dunia, yayasan ini dilanjutkan oleh istrinya Janse Galena Kamlasi dan anaknya Kolonel Simon Petrus Kamlasi. Selama berdiri, yayasan ini sudah banyak membantu masyarakat.

Tidak hanya masyarakat di kota Soe, Kabupaten TTS, tetapi juga pada pedesaan khususnya di daerah-daerah dengan kekurangan air bersih telah merasakan berkah keberadaan yayasan ini.   Dedikasi yang nyata dirasakan awak ini membuat Yayasan Nekmese sudah meraih rekor MURI.

“Kami melanjutkan mimpi almahrum, memenggal air ke warga dengan temperamen pelayanan, ” ujar Janse Halena Kamlasi selaku Ketua Yayasan Nekmese kepada wartawan, Jumat (4/9/2020).

Ia mengatakan, bantuan minuman adalah semangat pelayanan dalam apa saja yang diajarkan pendiri yayasan, Moses Kamlasi. Air sumur adalah berkat sumber kehidupan dari Tuhan dititipkan melalui keluarga Yayasan tidak buat kepentingan keluarga semata, namun di dedikasikan untuk kesejahteraan sesama dengan terjangkau oleh instalasi.

“Selama kita melandasi pelayanan secara kasih dan keikhlasan, maka sokongan dana untuk keberhasilan program mau terwujud dengan uluran tangan bervariasi pihak, ” ungkapnya.

Saat ini, Yayasan Nekmese pusat menyelesaikan sumur bor bagi 42 KK secara gratis di Tempat Oenasi, Kelurahan Nonohonis, Kota Soe, TTS. Sumur bor untuk air bersih itu merupakan hadiah buat warga dan pemerintah daerah.

2 sebab 4 halaman

Mendorong Kontribusi Warga

“Tuhan tetap buka jalan sehingga program cairan bersih ini termasuk pengeboran bisa terwujud dengan anggaran mencapai 150 juta. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan, ” sujarnya.

Warga yang mendapatkan air bersih itu tidak menetapkan membayar. Semuanya diberikan secara percuma.

“Saat ini instalasi pipanya sedang dibangun. Kita benar sedang kekurangan pipa. Kalau telah dibangun nanti akan lebih banyak lagi keluarga di desa ini yang akan mendapatkan air bersih, ” tandasnya.

Dia mengajak seluruh warga untuk selalu merawat air dan terus disempurnakan sesuai makna air kehidupan yang terus mengalir kekal abadi dengan kelemahlembutan.

“Kepada negeri, kami mohon bantuan untuk revitalisasi instalasi ke depan dan pertolongan dalam program-program air yang bertambah nyata dan lebih partisipatif mengedepankan kontribusi langsung masyarakat, ” katanya.

3 dari 4 halaman

Apresiasi Pemda TTS

Wabup TTS, Johni Armi Konay mengapresiasi Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto yang berhasil mengoperasikan sumur bor untuk pemanfaatan jaringan air terang yang kemudian dibagikan kepada 42 bapak di Desa Oenasi, Kecamatan Kota Soe, secara gratis.

“Terimakasih kepada yayasan tersebut, khususnya kepada keluarga Kamlasi yang selama ini selalu membantu asosiasi di Kabupaten TTS, ”  Logat Johni.

Ia mengiakan warga di kabupaten itu masih kesulitan mendapatkan air minum semasa musim kemarau, karena debit air terus berkurang.

“Apa yang dilakukan oleh yayasan dengan sudah tersebar jaringannya di semesta Indonesia itu merupakan bukti keterlibatan mereka dalam membantu pemerintah menghalangi krisis air, ”  ucapnya.

Dia pun mengklaim pemda selalu merawat pipa air dengan sudah dipasang oleh sejumlah yayasan yang selama ini membantu pemda, baik itu dari Panci Mas maupun dari Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto.

“Saya harap ke depannya kemitraan dengan yayasan ini terus terjalin, ”  tempat berharap.

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Tersebut:

Related Articles

Perkiraan Liga Italia Juventus vs Torino: 3 Poin Wajib di Negeri

Liputan6. com, Torino - Juventus akan menjamu Torino dalam lanjutan Liga Italia Serie A. Duel rival sekota tersebut akan dimainkan di Allianz Periode, Minggu (6/11/2020) dini hari WIB. Jelang laga ke-10 Liga Italia ini, Juventus tidak terkalahkan di dalam tujuh pertandingan terakhir di semua kompetisi. Catatan positif ini akan coba dilanjutkan saat pasukan Andrea Pirlo menghadapi Torino.
Read more

Erick Thohir: Vaksin Covid-19 Berlaku buat Usia di Atas 18 Tahun

Liputan6. com, Jakarta - Sebanyak 15 juta orang bisa mendapatkan 30 juta vaksin pada akhir 2020 jika uji klinis vaksin Covid-19 yang dikerjasamakan dengan dua negeri berjalan dengan baik. Menurut Kepala Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 & Pemulihan Ekonomi (PEN) Erick Thohir, 30 juta dosis vaksin COVID-19 tersebut akan dihasilkan dari pengadaan yang dilakukan dua perusahaan yaitu Sinovac…
Read more

Kehilangan Pekerjaan, Pramugara Alih Profesi Siap Tukang Pijat

Liputan6. com, Jakarta - Dunia penerbangan termasuk yang sangat terdampak pandemi corona Covid-19. Banyak pelaku di maskapai penerbangan kehilangan order, termasuk pramugari dan pramugara.  Salah satunya dialami seorang pranugara asal Malaysia.
Read more
Search for: