RSUD Tanah Abang Siapkan 40 Ranjang untuk Pasien COVID-19

RSUD Tanah Abang Siapkan 40 Ranjang untuk Pasien COVID-19

Liputan6. com, Jakarta – Rumah Rendah Umum Daerah (RSUD) Tanah Kakanda ditetapkan sebagai salah satu sendi sakit rujukan kasus COVID-19 pada Ibu Kota. Rumah sakit itu menyiapkan sebanyak 40 tempat terbaring untuk merawat pasien terinfeksi virus SARS-CoV-2 itu.

“Saat ini kita rencana menuju 40 tempat tidur. Tapi ada beberapa yang lagi direnovasi menyesuaikan secara alur protap pelayanan COVID-19, ” ujar Direktur RSUD Tanah Kakanda Savitri seperti dikutip dari Jarang, Senin (14/9/2020).

Savitri mengatakan RSUD Negeri Abang telah menangani kasus COVID-19 sebelum ditunjuk secara resmi meniti SK Kepala Dinas Kesehatan DKI sebagai rumah sakit khusus untuk penanganan kasus COVID-19.

“Awalnya di Jakarta Pusat, RSUD Tanah Abang telah lebih awal ditunjuk sebagai rumah sakit jejaring penanganan COVID-19. Untuk kesempatan tersebut, kita ditunjuk resmi sebagai sendi sakit rujukan khusus COVID-19 beriringan RSUD Cempaka Putih dan Sawah Besar, ” kata Savitri.

Terhitung sejak ditunjuk menjelma rumah sakit jejaring penanganan COVID-19, RSUD Tanah Abang telah menangani sekitar 200 pasien yang terkonfirmasi positif.

“Itu yang kami tangani ya fluktuatif kategorinya. Tidak hanya yang komorbid, akan tetapi juga ada yang bergejala. Lulus ada juga anak-anak. Ya kita tidak tergantung kategori karena penyajian kan untuk semua, ” ujar Savitri.

Savitri mengutarakan pihaknya telah menyiapkan sekitar 150 tenaga medis mulai dari pembela hingga dokter.

“Kurang lebih 150. Karena di kita ada sekitar 100 lebih pembela. Lalu dokter spesialisnya sebanyak 17 orang, itu spesialisasinya macam-macam dan dokter umumnya sekitar 20 orang. Itu belum terhitung pegawai administrasi dan bagian farmasi, ” ujar Savitri.

2 dari 3 halaman

3 RSUD Jadi RS Khusus Penanganan COVID-19

Pada Selasa, 8 September 2020, tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kota Jakarta Induk akan dikhususkan untuk menangani urusan COVID-19 sehingga nantinya pelayanan umum bagi masyarakat tidak lagi dilakukan di tiga rumah sakit tersebut hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Tiga RSUD itu adalah RSUD Cempaka Putih, Tanah Abang dan Sawah Tumbuh, ” kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Perjalanan.

Selain penambahan RSUD, DKI Jakarta akan menggunakan hotel ataupun penginapan sebagai lokasi isolasi mandiri bagi pasien kasus penyungguhan atau kerap dikenal dengan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Rencana itu tertuang dalam Pergub DKI 88/2020 yang mengatur berjalannya PSBB jilid 2 di DKI Jakarta.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di lembah ini:

Related Articles

Kompilasi Ratusan Survei Pilpres AS 2020: Joe Biden Ungguli Donald Trump, tapi…

Liputan6. com, London - Dengan pemilihan presiden Amerika Serikat yang hanya kurang hari lagi, surat kabar Inggris the Guardian melacak pemungutan perkataan terbaru di delapan negara periode yang dapat memutuskan hasil simpulan pemilu.
Read more

Sempurna 3 News: Putra Eks Pimpinan GAM Lolos TNI AD maka Potensi Gempa Megathrust

Liputan6. com, Jakarta - Top 3 news hari tersebut, putra mantan pimpinan militan Gerakan Aceh Merdeka atau GAM di Aceh Nurdin Ismail alias Din Minimi lulus seleksi menjadi tentara TNI Angkatan Darat (AD). Keyakinan Minimi pun lantas menggelar kesibukan syukuran di kediamannya di medan Lamdom, Banda Aceh, Aceh.
Read more

Purwakarta Bakal Miliki PLTS Terapung Terbesar di Asia Tenggara

Liputan6.com, Bandung - Kawasan Waduk Cirata, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, resmi menjadi lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PTLS). PLTS yang akan dibangun 2021 ini merupakan yang terbesar di Asia dan PLTS terapung pertama di Indonesia.
Read more
Search for: