Peta Jalan Kendaraan Listrik di Nusantara Telah Selesai Digarap

Peta Jalan Kendaraan Listrik di Nusantara Telah Selesai Digarap

Liputan6. com, Jakarta – Pengembangan kendaraan berbasis listrik pada Indonesia, guna mendukung upaya pengurangan emisi karbon akan semakin meluncur cepat. Pasalnya, saat ini, negeri telah merampungkan peta jalan terkait mobil listrik berbasis baterai.

Dijelaskan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, serta Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier, pemerintah terus memacu penerapan teknologi dan peningkatan investasi di zona otomotif nasional, termasuk mengakselerasi perluasan kendaraan listrik roda dua, tiga, serta roda empat atau bertambah yang berbasis baterai listrik maupun mild hybrid dan strong hybrid.

“Saat ini, kami telah merampungkan regulasi terkait peta jalan kendaraan listrik berbasis baterai listrik yang ialah turunan Perpres 55/2019, ” paparnya, dalam siaran pers yang diterima Liputan6. com, Senin (9/11/2020).

Lanjut Taufiek, potensi pengembangan instrumen listrik juga membuka prospek bisnis baru, seperti pengembangan kendaraan macam Internal Combustion Engine (ICE) yang saat ini masih memberikan sokongan hingga 99 persen terhadap PDB industri otomotif nasional.

“Pada tahun 2025 nanti, ditargetkan sebesar 20 persen produksi otomotif nasional adalah kendaraan listrik seolah-olah hybrid, plug in hybrid, & mobil EV berbasis baterai, ” sebutnya.

Sementara itu, pengembangan kendaraan listrik berbasis aki sejalan dengan animo investasi aki listrik dan kendaraan listrik yang semakin meningkat di Indonesia. Situasi ini mengingat bahan baku nikel, cobalt dan mangan cukup melimpah di tanah air yang mampu menjadi tulang punggung dalam jalan pengembangan kendaraan listrik.

2 dari 4 halaman

Pendalaman Industri

Selain itu, pengkajian struktur industri kendaraan listrik sudah dipersyaratkan nilai tingkat kandungan pada negeri (TKDN) hingga 2030, dengan program Incompletely Knock Down (IKD) atau Completely Knock Down (CKD) yang dipacu untuk mendapatkan poin tambah yang maksimal di pada negeri.

“Secara berangsur-angsur kita menguasai baterai listrik, dan produksi kendaraan listrik di pada negeri, ” tegasnya.

3 dari 4 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Lembah Ini:

Related Articles

Twitter Batasi Fitur Retweet untuk Perangi Disinformasi Jelang Pilpres AS

Liputan6. com, Jakarta - Saat tersebut media sosial menawarkan fitur untuk membagikan ulang sebuah unggahan. Di Twitter misalnya, fitur ini bernama Retweet. Sayang, terkadang informasi dengan dibagikan ulang atau diteruskan mampu mengandung disinformasi.
Read more

FOTO: Kastil Beauty and The Beast di Prancis

1/5 Sebuah foto pada 22 Juli 2020 menunjukkan pemandangan dari Kastil Chambord, di Chambord, Prancis. Gedung bersejarah ini merupakan salah satu kastil terbesar di Prancis sekali lalu lokasi nyata yang menginspirasi film pertama Beauty and The Beast, 26 tahun lalu. (Photo by Ludovic MARIN / AFP)
Read more

Tergiur Harga Murah, Wanita Ini Kulak Teflon Malah Meleleh Saat Dimanfaatkan

Liputan6. com, Jakarta Ada rupa ada barang peribahasa ini mungkin sulit dipahami bagi ibu-ibu. Bagaimana tidak, kebanyakan dari itu biasanya mengharapkan harga yang murah untuk barang yang kualitasnya indah.
Read more
Search for: