Perludem Sebut Ada 31 Daerah Berpotensi Hadirkan Calon Tunggal di Pilkada 2020

Perludem Sebut Ada 31 Daerah Berpotensi Hadirkan Calon Tunggal di Pilkada 2020

Liputan6. com, Jakarta – Direktur Eksekutif Perkumpulan buat Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Menjalani Anggraini menyebutkan bahwa ada 31 daerah yang berpotensi menghadirkan bahan tunggal saat Pemilihan Kepala Wilayah (Pilkada) 2020.

Total ini meningkat hampir dua kali lipat bila dibandingkan pada Pilkada tahun 2018 yang mana, total kandidat calon tunggal sebanyak 16.

Sejak 31 daerah itu terdiri daripada 26 kabupaten dan 5 tanah air. Hal ini disampaikan Titi dalam diskusi virtual bertema ‘Pilkada Antara Dinasti dan Calon Tunggal’.

“Dari data yang ana olah, akan ada 31 kawasan calon tunggal. Terdiri dari 26 kabupaten dan 5 kota, ” ujar Titi dalam diskusi virtual yang diadakan Perludem, Selasa (4/8/2020).

Titi menyebutkan utama per satu 31 daerah itu, yang pertama yaitu Kota Semarang, Sragen, Kediri, Boyolali, Pematang Siantar, Kota Surakarta, Wonosobo. Lalu tersedia juga Kabupaten Semarang, Klaten, Kejar Selatan, Kebumen, Ngawi, Kabupaten Blitar, Gowa, Balikpapan, Gorbogan, Wonogiri, Banyuwangi, Sopeng, Gunung Sitoli, dan tercatat beberapa daerah di Papua.

Pilkada serentak tahun itu akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang, yang mana nama-nama daerah yang Titi sebutkan masih berpotensi untuk berubah. Hal itu dikarenakan, kerap kali pasangan calon baru diusung mendekati waktu Pilkada. Ia menyebut bahwa istilahnya pencalonan pemimpin daerah pada Pilkada dalam Indonesia cenderung memasuki injury time.

“Cenderung dinamis tetapi Pilkada di Indonesia cenderung injury time. Tidak berbasis program, pendirian, dan ideologi, ” tegasnya. Menjalani juga menambahkan penetapan pasangan calon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan dilakukan pada 23 September 2020. Dua bulan sebelum puncak demokrasi yaitu 9 Desember.

“Calon definitif ditetapkan tanggal 23 September. Bisa sangat berubah, ” tambahnya.

Sebagai informasi, 31 daerah dengan Titi sebutkan tadi ia dapat dari riset yang ia kerjakan beberapa hari ini.

“Saya mencoba melakukan riset kurang hari belakangan. Riset media. Rajin, perkembangan pencalonan masih berlangsung, ” ujarnya.

2 dari 3 halaman

Adapula Calon Dinasti

Dalam diskusi yang persis, Peneliti Politik Dinasti, Yoes C. Kenawas, memaparkan data daerah yang mencalonkan calon tunggal atau bersama-sama dengan kotak kosong. Data tarikh 2015 hingga 2018, terdapat penambahan yang cukup signifikan. Pada tahun 2015, ada 3 calon sendiri di 3 kabupaten/ kota. Kemudian pada tahun 2017, bertambah menjelma 9 calon tunggal dan di tahun 2018 naik menjadi 16.

Sehingga totalnya tersedia 28 kandidat yang tersebar dalam 7 kabupaten dan 2 praja. Dari 7 kabupaten dan 2 kota itu, hanya ada satu calon tunggal yang kalah di satu kota, yaitu di Makassar. Pasangan Munafri Arifuddin dan Rachmatika Dewi hanya memperoleh suara sebesar 46, 77 persen. Sedangkan yang memperoleh suara tertinggi yaitu pada Jayawijaya, Papua, mencapai 99, 13 persen.

“Fakta calon tunggal atau kotak kosong lantaran 2015 sampai 2018 totalnya ada 28 kandidat yang tersebar di 7 kabupaten dan 2 praja, hanya 1 yang kalah yakni di Makassar, ” ujar Yose dalam diskusi virtual Perluden, Selasa (4/8/2020)

Kemudian, dari 28 kandidat calon tunggal, 11 calon merupakan kandidat dinasti. Bila dipersentasekan, kandidat dinasti calon tunggal lebih sedikit jika dibandingkan kandidat non dinasti. Perbandingannya 32 obat jerih dan 68 persen.

“Dari 28 kandidat calon tunggal itu, 11-nya kandidat dinasti sungguh, ”

Reporter: Rifa Yusya Adilah

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di lembah ini:

Related Articles

VIDEO: Tim Damkar Jember Temukan 9 Anak Ular Kobra Jawa di Komplek Perumahan

Liputan6. com, Jakarta - Menyusul temuan sembilan ekor anak ular dumung jawa di salah satu kompleks perumahan di Jember, Jawa Timur, petugas Pemadam Kebakaran, langsung menelusuri di lokasi. Petugas menemukan sisik ular kobra di sekitar semak-semak yang diyakini sebagai sarang indukan. Berikut kita simak videonya dalam Liputan6,  18 November 2020.
Read more

Titik Air Kehidupan untuk Warga dalam Pedalaman Timor NTT

Liputan6. com, Kupang - Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang baik. Yayasan yang didirikan oleh almahrum Moses Kamlasi di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT di dalam tahun 2017 ini lebih pokok ke pengadaan air sumur bagi warga pedalaman di wilayah Timor.
Read more

Melungsur Bulan Depan, Isuzu MU-X Menantang Pajero Sport dan Fortuner

Liputan6. com, Jakarta - Memiliki banyak perubahan, Isuzu MU-X terbaru siap memeriahkan pasar otomotif Thailand awal bulan November 2020. Menggunakan frame truk pikap D-Max tingkatan terbaru, mobil di segmen SUV ini diklaim lebih stabil saat dikendarai dan nyaman.
Read more
Search for: