Luhut: Pandemi Covid-19 Percepat Transformasi Ekonomi Menuju Era Digital

Luhut: Pandemi Covid-19 Percepat Transformasi Ekonomi Menuju Era Digital

Liputan6. com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan pentingnya transformasi ekonomi dalam era Making Nusantara 4. 0 di Indonesia, khususnya dalam masa pandemi Covid-19 tersebut.

Saat ini, dunia sedang mengalami perubahan lanskap geopolitik yang sangat cepat. Perubahan ini ditandai dengan adanya perubahan negeri akibat teknologi dan globalisasi yang sangat cepat.

“Kemudian adanya ketegangan geopolitik yang semakin meningkat di bervariasi negara, terutama antara Amerika Serikat (AS) dan China, dalam situasi perang dagang. Belum lagi kita juga menghadapi Covid-19 yang semakin mempercepat perubahan lanskap geopolitik dunia, ” ujar Luhut dalam fakta tertulis, Selasa (20/10/2020).

Luhut  melanjutkan, sebelum pandemi, penuh negara berinvestasi di China. Tetapi kini, beberapa diantaranya mulai mencari negara lain untuk mengalihkan investasi mereka.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengan mulai dilirik para investor untuk memindahkan industri mereka. Disinilah Indonesia mampu memanfaatkan situasi ini buat membangun ekonominya dalam konteks Making Indonesia 4. 0 di Indonesia.

“Kita perlu mentransformasi kegiatan ekonomi kita dalam cara membuat Making Indonesia 4. 0, supaya kita mampu memanfaatkan status ini dengan menunjukkan bahwa kita kompetitif dan mampu bersaing dengan global, tandasnya.

Patuh Menko Luhut, salah satu zona yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan adalah sektor otomotif, terutama electric vehicle (EV). Salah satu daerah yang dikembangkan dalam Making Nusantara 4. 0 di Indonesia adalah sektor otomotif, terutama Electric Vehicle (EV).

“Indonesia memiliki sumber daya melimpah dalam pengerjaan EV yakni nikel, aluminium, & tembaga. Ketiga jenis sumber daya ini dapat diintegrasikan agar membuat industri hilirasi yang kompetitif di ranah persaingan global, ” cakap Luhut.

2 dari 3 halaman

Berlomba-Lomba

Era ini, produsen mobil dan aki dunia berlomba mencari destinasi investasi untuk fasilitas produksi mereka. Taat Global Battery Alliance, peningkatan penerapan kendaraan listrik berpotensi menghasilkan penciptaan 10 juta pekerjaan, dan kadar ekonomi sekitar USD 150 miliar karena berkontribusi pada kemajuan terpaut dengan Perjanjian Paris tentang modifikasi iklim.

“Apabila seluruh atau sebagian besar supply chain yang terkait bisa diproduksi dalam Indonesia, maka Indonesia bisa menjadi pemain kunci secara global pada industri masa depan ini, ” kata Luhut.

Dirinya juga mengingatkan, bahwa Making Nusantara 4. 0 ini mampu berlaku jika pihak industri mampu bekerja sama dengan perguruan tinggi dalam menggelar SDM yang handal.

“Pihak yang berada dalam ekosistem industri yang ingin kita bangun ini, seperti asosiasi tenaga kegiatan, asosiasi industri, NGO, perusahaan, bergabung dengan institusi pendidikan perlu bekerjasama dengan baik. Kerjasama ini nantinya mampu mewujudkan sesuatu yang kita cita-citakan, berupa pengembangan pada sektor otomotif tadi untuk mewujudkankan Making Indonesia 4. 0 di Nusantara, ” tutupnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan pada Bawah Ini:

Related Articles

Jokowi Teken PP Pengalihan Pegawai KPK Jadi ASN

Liputan6. com, Jakarta - Presiden Joko Widodo ataupun Jokowi meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengalihan Pegawai Komisi Pemberantasan Aksi Pidana Korupsi Menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara. PP tersebut ditandatangani Jokowi pada 24 Juli dan diundangkan pada 27 Juli 2020 oleh Menteri Hukum dan PEDOMAN Yasonna Hamonangan Laoly.
Read more

Sudah Es Kepal Kini Ada Susu Milo Air Zamzam

Liputan6. com, Jakarta -Â Dua tahun cerai-berai, ada satu minuman yang mendadak jadi favorit banyak orang yaitu es kepal Milo. Es kepal tersebut hadir di berbagai amben makanan dari mal hingga kedai pinggir jalan di negeri itu.
Read more

Tingkatkan Kontribusi Masyarakat, Kementerian ESDM Melangsungkan Lomba Infografis

Liputan6. com, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Gaya Mineral (ESDM) menyelenggarakan lomba infografis sektor ESDM tahun 2020. Mengetengahkan tema "Energi dan Kesejateraan", sayembara yang baru pertama kali digelar ini diharapkan mampu meningkatkan pemberian masyarakat dalam pengelolaan sektor ESDM di masa mendatang.
Read more
Search for: