Keterangan Bubur Suro, Sajian Khas Sambut Tahun Baru Islam

Keterangan Bubur Suro, Sajian Khas Sambut Tahun Baru Islam

Liputan6. com, Jakarta – 1 Muharram 1442 atau yang juga Tahun Baru Islam 2020 jatuh pada Kamis, 20 Agustus 2020. Perayaan tersebut identik secara sajian yang beragam di seantero Nusantara.

Salah satunya adalah bubur suro yang lazimnya disajikan masyarakat di Jawa masa malam menjelang 1 Muharram. Pembuatan sajian ini hadir dengan beraneka macam pelengkap hingga memberikan cita mengecap yang gurih.

Langsung, apa saja bahan-bahan dan bagaimana cara untuk membuat bubur suro, sajian khas Tahun Baru Agama islam? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Cookpad kreasi Rina’s Pawon , Rabu (19/8/2020) berikut ini.

Bahan Bubur:

1/2 kg beras

150 ml air santan

1 sdt garam

Pelajaran Kari:

250 gr daging sapi

5 buah tahu

1 liter santan

6 siung bawang merah

4 siung bawang putih

Kemiri

Jahe

Lengkuas

Kunyit

Ketumbar

Serai (geprek)

Daun jeruk

Daram

Gula ramal

Minyak (untuk menumis).

2 dari 3 halaman

1 Sambal Goreng, Telur Dadar & Pembuatannya

Bahan Sambal Menyelar:

1 tempat tinggal tempe

4 siung bawang merah

2 siung bawang suci

Kacang tanah

Ikan teri

Cabai rawit

Cabai merah besar

Cairan asam jawa

Gula pasir

Garam

Minyak goreng

Bahan Telur Dadar:

dua butir telur

Garam ala kadarnya

Minyak (untuk menggoreng)

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Untuk membuat bubur, cuci bersih beras, kemudian masukkan dalam panci dengan dicampur cairan (masak sampai nasi menjadi bubur).

2. Jika sedang membentuk beras tetapi airnya sudah menyusut, tambahkan lagi airnya sampai beras benar-benar menjadi bubur. Bila sudah menjadi bubur, masukkan santan dan garam. Tunggu mendidih & mengental lalu matikan kompor.

3. Membuat kari, haluskan bumbunya antara lain bawang suci, bawang merah, kemiri, jahe, kunyit, lengkuas, ketumbar, dan garam.

4. Tumis bumbu secara minyak sampai harum serta masukkan daun jeruk dan serai.

5. Jika sudah terkenal masukkan irisan dagingnya dilanjutkan dengan santannya beserta tahu. Beri sira, gula dan penyedap rasa, sesuaikan rasa lalu masak hingga mendidih.

6. Untuk isian karinya ada daging sapi serta tahu. Sebelumnya daging sapi direbus dulu dan tahunya digoreng.

7. Untuk membuat sambal goreng, goreng kering tempe, kacang, dan teri nya. Lalu untuk bumbunya dengan merajang tipis bawang putih, bawang merah, cabai mulia dan cabai rawit.

8. Jika sudah, tumis bahan serta masukkan air asam, gula dan garam. Sesuaikan rasa, jika sudah berbau harum masukkan gorengan kacang, tempe, dan teri.

9. Membuat telur dadar, kocok telur pada mangkuk, dukung garam secukupnya. Lalu goreng.

10. Hidangkan bubur suro dengan kari, sambal goreng dan telur dadar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Related Articles

MEMOTRET: Prancis Menang Besar Atas Ukraina 7-1

1/9 Gelandang Ukraina, Ruslan Malinovskyi membawa bola daripada kawalan gelandang Prancis, Steven Nzonzi pada laga persahabatan Stade deFrance di Saint Denis, utara Paris, Rabu (7/10/2020). Prancis menang tumbuh 7-1 atas Ukraina. (AP Photo/Francois Mori)
Read more

Rizieq Shihab Dicap Overstayer, Dubes Agus Maftuh: Bukan Kami yang Katakan tapi Saudi

Liputan6. com, Jakarta - Representatif Besar Republik Indonesia Agus Maftuh tak ambil pusing dengan risiko hukum dari Pimpinan Front Advokat Islam (FPI) Rizieq Shihab yang enggan dicap sebagai overstayer selama di Saudi. Agus memandang, justru ada yang keliru pandang dilakukan Rizieq terhadap ancaman langkah patokan tersebut.
Read more

BNPB Catat 2. 059 Bencana Alam dari Januari hingga September 2020

Liputan6. com, Jakarta - Institusi Nasional Penanggulangan Bencana BNPB mencetak 2. 059 bencana alam di seluruh wilayah Indonesia mulai Januari hingga 20 September dengan 282 jiwa meninggal dunia Seperti dikutip dari Antara, Minggu (20/9/2020), BNPB menyebutkan, mayoritas bencana tersebut adalah bencana hidrometeorologi atau bencana yang terjadi sebagai dampak dari isyarat meteorologi.
Read more
Search for: