Jokowi Teken PP Pengalihan Pegawai KPK Jadi ASN

Jokowi Teken PP Pengalihan Pegawai KPK Jadi ASN

Liputan6. com, Jakarta porakporanda Presiden Joko Widodo atau Jokowi meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengalihan Pegawai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara. PP tersebut ditandatangani Jokowi pada 24 Juli dan diundangkan pada 27 Juli 2020 oleh Menteri Hukum & HAM Yasonna Hamonangan Laoly.

Dalam PP ini disebutkan bahwa ruang lingkup pengalihan personel Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjelma ASN meliputi pegawai tetap serta tidak tetap. Demikian dikutip daripada setneg. go. id , Minggu (9/8/2020).

Pada Pasal 3 dijelaskan bahwa ada lima syarat pengalihan pegawai KPK menjadi ASN. Pertama, berstatus sebagai pegawai lestari atau tidak tetap KPK. Kedua, setia dan taat pada Pancasila, Undang-Undang Dasar tahun 1945, Negeri Kesatuan Republik Indonesia dan negeri yang sah.

Ke-3, memiliki kualifikasi sesuai dengan persyaratan jabatan. Keempat, memiliki kompetensi sesuai dengan persyaratan jabatan dan terakhir memiliki integritas dan moralitas dengan baik.

Pasal 4 mengatur tentang tahapan pengalihan personel KPK menjadi ASN. Mulai daripada penyesuaian jabatan hingga pemetaan konsistensi kualifikasi dan kompetensi pegawai KPK dengan jabatan ASN yang bakal diduduki.

Sementara dalam Pasal 6 disebutkan tata cara pengalihan pegawai KPK menjadi ASN diatur lebih lanjut dengan peraturan KPK.

2 dari 3 halaman

Tunjangan Khusus

Adapun gaji dan tunjangan diatur dalam Pasal 9 bahwa selain gaji dan tunjangan, pegawai KPK juga dapat diberikan tunjangan istimewa yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden.

Pada saat PP ini mulai berlaku, seluruh pegawai KPK tetap melaksanakan tugas serta fungsinya sampai dengan selesainya cara pengalihan dan pengangkatan dalam jabatan ASN. PP ini mulai legal pada 27 Juli 2020.

Reporter: Titin Supriatin/Merdeka. com

3 daripada 3 halaman

Saksikan gambar pilihan di bawah ini:

Related Articles

Kejadian Covid-19 Diprediksi Bakal Melonjak Sudah Libur Natal dan Tahun Anyar

Liputan6. com, Jakarta Dinas Kesehatan tubuh Daerah Istimewa Yogyakarta memperkirakan kasus penularan COVID-19 di daerah ini melonjak setelah masa liburan Natal dan Tahun Baru atau awal Januari 2021. "Kami perkirakan bakal terjadi lonjakan kasus pascamasa liburan Natal dan Tahun Baru 2021, " kata Kepala Dinkes DIY Pembajun Setyianingastutie melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Sabtu 26 Desember 2020.
Read more

BNPB Catat 2. 059 Bencana Alam dari Januari hingga September 2020

Liputan6. com, Jakarta - Institusi Nasional Penanggulangan Bencana BNPB mencetak 2. 059 bencana alam di seluruh wilayah Indonesia mulai Januari hingga 20 September dengan 282 jiwa meninggal dunia Seperti dikutip dari Antara, Minggu (20/9/2020), BNPB menyebutkan, mayoritas bencana tersebut adalah bencana hidrometeorologi atau bencana yang terjadi sebagai dampak dari isyarat meteorologi.
Read more

Pasar uang Asia Dibuka Beragam, Investor Menunggui Suku Bunga Australia

Liputan6. com, Jakarta berantakan Bursa Asia dibuka beragam pada perdagangan Selasa pagi karena investor masing menunggu keputusan suku bunga yang akan diumumkan oleh Total Bank of Australia atau Bank Sentral Australia.
Read more
Search for: