Erick Thohir: Vaksin Covid-19 Berlaku buat Usia di Atas 18 Tahun

Erick Thohir: Vaksin Covid-19 Berlaku buat Usia di Atas 18 Tahun

Liputan6. com, Jakarta – Sebanyak 15 juta orang bisa mendapatkan 30 juta vaksin di dalam akhir 2020 jika uji klinis vaksin Covid-19 yang dikerjasamakan dengan dua negara berjalan dengan elok.

Menurut Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Perbaikan Ekonomi (PEN) Erick Thohir, 30 juta dosis vaksin COVID-19  tersebut akan dihasilkan dari pengadaan yang dilakukan dua perusahaan yaitu Sinovac dari China dan G42 sebab Uni Emirat Arab (UEA).

Kedua macam vaksin itu berkonsep pemakaian perut dosis dalam sekali penyuntikan dengan jeda waktu dua pekan.

“Jadi kalau diakumulasi sebab dua kerja sama UEA dan China ini kita akan memperoleh 30 juta vaksin di tarikh 2020. Kalau satu orang menggunakan dua dosis, sehingga kurang lebih 15 juta orang yang akan bisa divaksin di akhir 2020, ” kata Erick dalam kerap kerja dengan Komisi IX DPR RI di Jakarta, Kamis (27/8/2020) dilansir Antara .  

Erick juga mengatakan bahwa informasi terakhir menunjukkan bahwa vaksin itu dapat aci untuk usia 18 tahun sampai di atas 59 tahun.

“Dari informasi terakhir, tadinya vaksin COVID-19 yang ada itu berlaku untuk usia pada 18 tahun sampai 59 tahun, namun dari konfirmasi terakhir usia dalam atas 59 sudah bisa menyambut vaksin ini, ” ujar Erick.

“Sekarang tengah dikembangkan bagi yang berusia di bawah 18 tahun, ” imbuhnya.

Tidak hanya Sinovac dan G42, pemerintah juga telah menghubungi beberapa negara lain untuk kegiatan sama vaksin Covid-19 seperti AstraZeneca dari Eropa dan Bill and Melinda Gates Foundation dari Amerika Serikat.

Namun, dia menegaskan Indonesia juga akan tetap mengusahakan pembuatan vaksin domestik menggunakan Vaksin Merah Putih yang tengah dikembangkan oleh Indonesia.

2 dari 3 halaman

Efektivitas Vaksin COVID-19

Menteri Institusi Usaha Milik Negara (BUMN) itu juga menegaskan, jutaan vaksi tersebut juga  sudah bisa digunakan jika uji klinis yang dilakukan oleh kedua perusahaan itu berjalan dengan baik.  

Taat Erick, Sinovac berkomitmen menyediakan sasaran baku vaksin Covid-19 sebanyak 20 juta dosis pada akhir 2020 dan komitmen supply bahan baku untuk 2021 sebesar 250 juta jumlah dengan overfill 10 persen.

Terkait vaksin yang sedang dikembangkan, Erick mengatakan bahwa keduanya mempunyai jangka waktu efektivitas enam kamar sampai 2 tahun.

Jadi vaksin Covid-19 itu tak efektif untuk selamanya atau vaksin yang hanya diambil sekali sebaya hidup.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di kolong ini:

Related Articles

enam Koleksi Tas Mewah Via Vallen, Ada yang Ditaksir Harga Ratusan Juta

Liputan6. com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan sosok pedangdut pokok Jawa Timur, Via Vallen. Pedangdut yang lahir di Surabaya ini dikenal luas masyarakat Tanah Air setelah membawakan lagu berjudul Sayang pada 2018 lalu.
Read more

GAMBAR: Wakil Wali Kota Probolinggo Dirawat di RS Surabaya Akibat COVID-19

Liputan6. com, Jakarta - Wakil Pemangku Kota Probolinggo Jawa Timur, Mohammad Soufis Subri, terkonfirmasi COVID-19, & tengah menjalani perawatan dan isolasi di sebuah rumah sakit di Surabaya. Sementara itu, jumlah pasien meninggal akibat COVID-19, di Tanah air Probolinggo, terus meningkat.
Read more

Menang Hitung Cepat Pilkada Medan, Bobby Nasution Tunggu Hasil Real Count

Liputan6.com, Medan Sejumlah lembaga survei menunjukkan pasangan Bobby Nasution-Aulia Rachman mengungguli Akhyar Nasution-Salman Alfarisi di Pilkada Medan. Terkait hal ini, Bobby Nasution mengajak seluruh tim untuk menunggu real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Read more
Search for: