Eks-Polisi Pembunuh George Floyd Bisa Muncul Kota demi Keamanan Diri

Eks-Polisi Pembunuh George Floyd Bisa Muncul Kota demi Keamanan Diri

Liputan6. com, Minneapolis – Mantan polisi Minneapolis pada AS, Derek Chauvin yang menjelma terdakwa utama dalam kasus pembunuhan pria keturunan Afrika-Amerika George Floyd, diizinkan meninggalkan Negara Bagian Minnesota saat menunggu proses persidangannya.  

Dilansir US News yang mengutip Reuters , Sabtu (10/10/2020), syarat bebas dengan jaminan terhadap Chauvin (44 tahun) diubah untuk merefkeksikan kekhawatiran tempat keselamatannya.

Dalam putusannya yang diumumkan pada 9 Oktober, Hakim Pengadilan Hennepin County Peter Cahill mengatakan bahwa ia telah diberikan “bukti dengan mendukung kekhawatiran keselamatan yang muncul dalam pengawasan pembebasan bersyarat praperadilan” dari Chauvin.

Ketua Cahill memberikan perintah agar Chauvin  menetapkan tempat tinggalnya di sepadan tempat di Minnesota atau “negara bagian yang berdekatan sesegera mungkin”.

Selain itu, Chauvin juga diwajibkan untuk memberikan laporan kepada petugas yang ditugaskan oleh Departemen Pemasyarakatan Minnesota untuk memeriksa pembebasannya.

Dalam perintah tersebut, Chauvin dapat tinggal  pada sejumlah Negara Bagian AS yakni North Dakota, South Dakota, Iowa atau Wisconsin sambil menunggu persidangan kasusnya yang belum digelar had tahun depan.

2 dari 3 halaman

Pembayaran Uang Jaminan

Awal pekan ini, Chauvin telah membayar uang jaminan senilai 1 juta dolar AS (Rp. 14, 6 miliar) yang membatasi dirinya untuk meninggalkan Minnesota.

Dalam putusannya, Hakim Cahill juga menegaskan bahwa alamat tempat tinggal Chauvin akan dibagikan kepada kepolisian setempat dan kantor sheriff dalam wilayah yang ia pilih jadi tempat tinggalnya.  

Mantan petugas polisi Minneapolis tersebut  didakwa atas pembunuhan tingkat kedua dan ketiga, serta pembunuhan dengan tidak disengaja terkait kematian George Floyd pada Mei 2020.  

Video yang menunjukkan detik-detik insiden itu pun  menimbulkan protes nasional di AS pada kebrutalan polisi dan rasisme.

3 daripada 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Related Articles

Anies Baswedan Laksanakan Salat Idul Adha di Balai Kota Jakarta

Liputan6. com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan sejumlah pejabat dunia Pemprov DKI Jakarta melaksanakan salat Idul Adha 1441 Hijriah pada Masjid Fatahillah, Balai Kota Jakarta, Jumat (31/7/2020) pagi.
Read more

Menang Hitung Cepat Pilkada Medan, Bobby Nasution Tunggu Hasil Real Count

Liputan6.com, Medan Sejumlah lembaga survei menunjukkan pasangan Bobby Nasution-Aulia Rachman mengungguli Akhyar Nasution-Salman Alfarisi di Pilkada Medan. Terkait hal ini, Bobby Nasution mengajak seluruh tim untuk menunggu real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Read more

Pemimpin DPR Sebut Banyak Orang Berkorban pada Idul Adha Demi Perangi Corona

Liputan6. com, Jakarta Kepala DPR RI Puan Maharani meminta biar masyarakat memaknai kurban dalam perayaan Idul Adha 1441 H secara merata. Berkurban, kata dia, merupakan wujud kerelaan untuk berbagi dan ingat dengan sesama, menciptakan solidaritas baik, dan memupuk gotong royong buat mengatasi pandemi Covid-19.
Read more
Search for: