Cegah COVID-19 Saat Libur Natal & Tahun Baru, Risma Minta Masyarakat Tak Ke Luar Kota

Cegah COVID-19 Saat Libur Natal & Tahun Baru, Risma Minta Masyarakat Tak Ke Luar Kota

Jackpot hari ini Result Sidney 2020 – 2021.

Liputan6. com, Jakarta – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengimbau seluruh masyarakat Surabaya tidak melakukan perjalanan ke luar kota Surabaya saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal ini untuk mencegah penyaluran COVID-19.

Oleh karena itu, Risma merilis dua tulisan edaran (SE) menjelang libur Nataru. Masing-masing SE itu tertanggal 10 Desember 2020 dengan tujuan dan nomor surat yang berbeda. SE pertama bernomor 443/11047/436. 8. 4/2020 yang ditujukan kepada penanggung jawab/pemberi kerja/pengelola tempat kerja/usaha.

Sementara itu, SE kedua bernomor 443/11048/436. 8. 4/2020 yang diperuntukkan kepada Ketua RW/RT, pemilik/pengelola kos, pengelola hotel, pengelola apartemen, pengembang/pengelola perumahan.

Pada SE pertama, Risma menuturkan, menindaklanjuti SE Menteri Dalam Kampung Republik Indonesia Nomor 440/5876/SJ di dalam 21 Oktober 2020 tentang Antisipasi Penyebaran COVID-19 pada libur dan cuti bersama 2020.

Risma mengimbau kepada seluruh pekerja/karyawan untuk tidak melakukan perjalanan liburan ke luar Kota Surabaya serta tetap berkumpul bersama keluarga di tempat tinggal masing-masing, serta mengabulkan persiapan dalam menghadapi potensi bahaya antara lain hujan lebat disertai angin kencang, dan gelombang agung air laut sesuai dengan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kemudian bagi pekerja atau karyawan setelah melayani perjalanan ke luar Kota Surabaya lebih dari tiga hari, Risma menambahkan, wajib untuk menunjukkan hasil RT-PCR/Swab negatif pada saat sampai ke Surabaya. Demikian dilansir dibanding Antara, Sabtu, (12/12/2020).

Apabila belum memiliki hasil RT-PCR/Swab, dapat memeriksa RT-PCR/Swab tes dalam Fasilitas Layanan Kesehatan milik Pemerintah Kota Surabaya seperti puskesmas ataupun langsung ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jalan Gayungsari Barat No. 124 Surabaya.

“Tidak dipungut biaya bagi pekerja/karyawan dengan ber-KTP Surabaya, sedangkan untuk yang ber-KTP luar Kota Surabaya dipakai biaya Rp125 ribu per orang, ” ujar Risma.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Basuh Tangan Pakai Sabun, Jaga Jeda dan Hindari Kerumunan.

Tetap Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Isi SE Kedua

Sementara SE ke-2, Risma menyampaikan menindaklanjuti SE Mendagri No. 440/587/SJ Tanggal 21 Oktober 2020 Tentang Antisipasi Penyebaran COVID-19 pada Libur dan Cuti Bergabung Tahun 2020, disampaikan agar Ketua RW/RT, pemilik/pengelola kos, pengelola hotel, pengelola apartemen, pengembang/pengelola perumahan beserta dengan Satgas Kampung Tangguh Semeru Wani Jogo Suroboyo atau Satgas Mandiri tanggap COVID-19 untuk mengirimkan kepada warga atau penghuninya per.

“Untuk itu ana mengimbau kepada warga/penghuni untuk tak melakukan perjalanan liburan ke luar Kota Surabaya serta tetap berhimpun dan/atau melakukan kegiatan bersama rumpun di lingkungan tempat tinggal masing-masing, ” kata Risma.

Kemudian bagi warga/penghuni setelah melaksanakan perjalanan dari luar Kota Surabaya lebih dari dua hari, oleh sebab itu wajib untuk menunjukkan hasil RT-PCR/Swab negatif pada saat datang ke Surabaya. Apabila belum memiliki buatan RT-PCR/Swab, maka dapat melakukan penyeliaan RT-PCR/Swab pada Fasilitas Layanan Kesehatan milik Pemerintah Kota Surabaya.

Bahkan, ia juga meminta sebelum hasil pemeriksaan RT-PCR/Swab keluar, warga/penghuni itu diminta untuk menyelenggarakan karantina mandiri di rumah dan pemantauan mandiri terhadap gejala dengan timbul selama 14 hari.

“Ini harus diperhatikan karena libur panjang beberapa waktu lalu, ada peningkatan kasus. Makanya, hamba sampaikan berkali-kali kepada warga untuk tidak berlibur ke luar praja dulu, sekali ini saja, ” ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Related Articles

Sempurna 3 News: Putra Eks Pimpinan GAM Lolos TNI AD maka Potensi Gempa Megathrust

Liputan6. com, Jakarta - Top 3 news hari tersebut, putra mantan pimpinan militan Gerakan Aceh Merdeka atau GAM di Aceh Nurdin Ismail alias Din Minimi lulus seleksi menjadi tentara TNI Angkatan Darat (AD). Keyakinan Minimi pun lantas menggelar kesibukan syukuran di kediamannya di medan Lamdom, Banda Aceh, Aceh.
Read more

Helm Basah Kehujanan, Lakukan Ini agar Tidak Bau Apek

Liputan6. com, Jakarta - Memasuki musim hujan, ada beberapa hal dengan perlu diperhatikan pengendara sepeda mesin. Tak hanya kendaraan dan status tubuh, peranti keselamatan seperti helm juga sebaiknya diperhatikan.
Read more

Irjen Napoleon Klaim Red Notice Djoko Tjandra Terhapus Permanen Juli 2019

Liputan6. com, Jakarta - Eks Kadiv Hubinter Polri Irjen Napoleon Bonaparte mengklaim status red notice Djoko Soegiarto Tjandra telah terhapus secara permanen sejak Juli 2019. Kejadian tersebut dikatakan Napoleon saat menyungguhkan di sidang suap pengurusan red notice Djoko Tjandra. Napoleon dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Djoko Tjandra di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (10/12/2020).
Read more
Search for: