Bawaslu Sumbar Bubarkan 90 Kampanye Pilkada Langgar Protokol Kesehatan Covid-19

Bawaslu Sumbar Bubarkan 90 Kampanye Pilkada Langgar Protokol Kesehatan Covid-19

Liputan6. com, Jakarta – Pranata Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Barat (Sumbar) membubarkan 90 manuver Pilkada Serentak 2020. Lantaran, mengabaikan protokol kesehatan memasuki 58 hari masa kampanye.

“Pembubaran dilakukan baik kepada pasangan bahan gubernur dan wakil gubernur, tumenggung dan wakil bupati, maupun wali kota dan wakil wali kota, ” kata ketua Bawaslu Sesumbar Surya Efitrimen, di Pulau Memunjung, Minggu (22/11/2020), seperti dikutip Antara .

Hal itu disampaikan saat membuka kegiatan Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pilkada bagi Kaum Milenial oleh Bawaslu Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Ia mengatakan, sampai saat ini ada total 160 penindakan pelanggaran protokol kesehatan tubuh sejak kampanye yang dimulai 26 September 2020. Sebanyak 70 kali di antaranya diberikan teguran secara tertulis.

Menurut tempat, penindakan yang dilakukan Bawaslu Sesumbar dan jajaran kabupaten/kota adalah wujud komitmen agar tahapan Pilkada dalam tengah pandemik menerapkan protokol kesehatan tubuh secara ketat.

“Pilkada di tengah bencana nonalam ialah hal baru bagi kita, untuk itu kami mengimbau kepada kandidat pilkada untuk terus menerapkan aturan kesehatan sampai masa akhir aksi, ” ujar Surya.

2 dari 3 halaman

Minta masyarakat berlaku aktif mengawasi

Kemudian ia berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi dan masyarakat buat berperan dalam pengawasan dengan rajin melaporkan adanya dugaan pelanggaran semasa tahap pilkada berlangsung.

“Kaum milenial yang hadir keadaan ini kami harapkan berperan di membantu penyelenggara khusus bawaslu di pengawasan, ” ucap dia berniat.

Sementara, Ketua Bawaslu Dharmasraya Syansuruzal mengatakan, kegiatan sosialisasi merupakan agenda penting yang kudu dilaksanakan agar masyarakat khususnya famili milenial memiliki peran dalam perlindungan Pilkada Serentak.

Ia berharap, peserta sosialisasi dapat mendaftarkan kegiatan dengan baik sehingga mampu membantu penyelenggara dalam mewujudkan pilkada jujur, adil, dan berintegritas.

Kegiatan sosialisasi dihadiri berbagai organisasi kemasyarakatan, seperti perwakilan milenial Pemuda Muhammadiyah, HMI, PWI, IMM, komunitas, karang taruna, dan yang lain.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Related Articles

Tanggapan Kemendagri Soal Sindiran Anies Baswedan Tentang Pilkada 2020

Liputan6. com, Jakarta Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal berbicara soal sindiran Gubernur DKI Anies Baswedan mengenai Pilkada 2020. Menurut nya, Pilkada di tengah pandemi Covid-19 datang saat ini relatif kondusif dan terkendali. Dia juga menyampaikan bahwa Pilkada ada mekanisme tersendiri.
Read more

4 Hal yang Disampaikan Mendagri Usai KPU Izinkan Konser Pilkada 2020

Liputan6. com, Jakarta porakporanda Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentu mengizinkan beberapa bentuk kegiatan kampanye, salah satunya berupa konser dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Serentak 2020. Meski diizinkan, KPU mengeluarkan sejumlah persyaratan agar pementasan Pilkada Serentak 2020 bisa digelar karena berada dalam situasi pandemi Covid-19.
Read more

Darren Aronofsky Ungkap Black Swan Ditolak di Mana-Mana, tapi Akhirnya Lulus Besar

Liputan6. com, Jakarta Satu dekade lalu, film Black Swan karya Darren Aronofsky menjadi perbincangan hangat para pecinta film. Akting Natalie Portman sebagai balerina yang tak bisa memisahkan visi dengan dunia nyata, bahkan diganjar dengan Piala Oscar sebagai Aktris Terbaik.
Read more
Search for: