Banjir Bandang Sukabumi, 9 Rumah Rusak Parah 2 Warga Hanyut Belum Ditemukan

Banjir Bandang Sukabumi, 9 Rumah Rusak Parah 2 Warga Hanyut Belum Ditemukan

Liputan6. com, Sukabumi – Banjir bandang akibat meluapnya aliran Sungai Cigombong di Negeri Bantar menyebabkan sejumlah rumah pada kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, rusak parah.

“Banjir bandang yang terjadi pada Desa Pondokkaso, Kecamatan Cidahu ini merupakan rentetan dari kejadian sebangun di Kecamatan Cicurug, ” prawacana Ketua Forum Koordinasi SAR Wilayah (FKSD) Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri, Senin malam (21/9/2020).

Informasi yang dihimpun bencana alam yang terjadi dalam Desa Pondokaso Tengah juga menjadikan jembatan penghubung antara Kampung Bantar (perbatasan dengan Desa Kompa Parungkuda) dengan Kampung Tapos terputus, beserta menyebabkan 9 rumah terkena dampak luapan sungai.

Daripada 9 rumah yang terdampak banjir bandang ini, sebanyak 6 berharta di Kampung Bantar dan 3 unit lainnya di Kampung Tapos. Selain itu, penyangga jembatan dengan menghubungkan Kampung peundeuy RT 19 dan 18 juga rusak.

Namun, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa serta hingga kini petugas dari Tempat Pondokkaso dan Badan Penanggulangan Kesusahan Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi sedang mendata tingkat kerusakan terhadap sejumlah rumah yang terdampak.

“Bencana ini bermula dari meluapnya air di hulu Sungai Cibuntu, Kecamatan Cicurug yang kemudian mengalir ke Sungai Cigombong. Meluapnya cairan sungai ini dikarenakan hujan lebat, ” tambahnya.

Okih mengatakan informasi yang diterima tersedia 3 kecamatan yang dilanda banjir bandang, terparah di Kecamatan Cicurug, kemudian Kecamatan Cidahu, dan Kecamatan Cibadak. Akibat bencana ini besar warga di Kecamatan Cicurug terbawa derasnya arus banjir bandang dan hingga kini belum ditemukan.

2 sebab 2 halaman

Simak serupa video pilihan berikut ini:

Related Articles

Pasar uang Asia Dibuka Beragam, Investor Menunggui Suku Bunga Australia

Liputan6. com, Jakarta berantakan Bursa Asia dibuka beragam pada perdagangan Selasa pagi karena investor masing menunggu keputusan suku bunga yang akan diumumkan oleh Total Bank of Australia atau Bank Sentral Australia.
Read more

Kejadian Covid-19 Diprediksi Bakal Melonjak Sudah Libur Natal dan Tahun Anyar

Liputan6. com, Jakarta Dinas Kesehatan tubuh Daerah Istimewa Yogyakarta memperkirakan kasus penularan COVID-19 di daerah ini melonjak setelah masa liburan Natal dan Tahun Baru atau awal Januari 2021. "Kami perkirakan bakal terjadi lonjakan kasus pascamasa liburan Natal dan Tahun Baru 2021, " kata Kepala Dinkes DIY Pembajun Setyianingastutie melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Sabtu 26 Desember 2020.
Read more

Hari Mencuci Tangan Sedunia, Akses Perkakas Air Bersih Jadi Tantangan

Liputan6. com, Jakarta - Hari mencuci tangan sedunia diperingati setiap 15 Oktober. Keadaan mencuci tangan sedunia ini ialah kampanye global yang dicanangkan sebab PBB bekerja sama dengan pola lainnya baik pemerintah dan preman untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat.
Read more
Search for: