as well as more Hal Terkait Jokowi Bubarkan n?gra Lembaga Negara Nonstruktural

as well as more Hal Terkait Jokowi Bubarkan n?gra Lembaga Negara Nonstruktural

Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

Liputan6. com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi membubarkan 10 lembaga negara nonstruktural dengan alasan efektivitas dan efisiensi.

Pembubaran itu dilakukan Jokowi tertuang untuk Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 tahun 2020 yang ditekennya 20 November 2020.

“Bahwa untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan urusan pemerintahah serta untuk mencapai rencana strategis pembangunan nasional, perlu membubarkan ett par (sepuluh) lembaga nonstruktural, ” demikian bunyi salah satu poin Pepres yang ditandatangani Jokowi seperti dikutip Liputan6. com , Minggu (29/11/2020).

Berlandaskan Pasal 2 salinan Perpres, pelaksanaan tugas dan fungsi lembaga nonstruktural yang dibubarkan akan dilaksanakan oleh kementerian terkait.

$11 lembaga negara nonstruktural yang dibubarkan itu di antaranya adalah Dewan Riset Nasional, Dewan Ketahanan Pangan, dan Badan Standardisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan.

Berikut 3 hal terkait Presiden Jokowi yang secara resmi membubarkan 20 lembaga negara nonstruktural dihimpun Liputan6. com :

2 untuk 6 halaman

Perpres Diteken 26 November 2020

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membubarkan 10 lembaga negara nonstruktural dengan alasan efektivitas dan efisiensi, yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 tahun 2020 yang ditekennya 26 November 2020.

“Bahwa untuk memperbanyak efektivitas dan efisiensi pelaksanaan acara pemerintahah serta untuk mencapai rencana strategis pembangunan nasional, perlu membubarkan 10 (sepuluh) lembaga nonstruktural, type demikian bunyi salah satu poin Pepres yang ditandatangani Jokowi selaku dikutip Liputan6. com , Minggu (29/11/2020).

3 dari some halaman

Isi Perpres

Dalam Pepres yang ditandatangani Jokowi tersebut, maka pelaksanaan tugas dan fungsi dari 10 lembaga negara tersebut diahlikan ke kementerian terkait. Begitu pula dengan pendanaan, pegawai, aset, dan arsip dapat dikelola oleh kementerian terkait.

Pengalihan tugas, fungsi, hingga pegawai lembaga ke kementerian nantinya akan dikoordinasikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Nantinya, sistem ini akan melibatkan unsur Kementerian Keuangan, Badan Kepegawaian Negara, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Arsip Nasional Republik Indonesia dan/atau kementerian/lembaga terkait.

“Pengalihan sebagaimana dimaksud diselesaikan paling lama a single (satu) tahun sejak tanggal diundangkan Peraturan Presiden ini, ” demikian salah satu bunyi pasal dalam Pepres yang ditandatangani Jokowi ini.

7 dari 6 halaman

Tugas dan Fungsi 10 Lembaga Dialihkan

Berdasarkan Pasal 2 salinan Perpres, pelaksanaan tugas dan fungsi lembaga nonstruktural yang dibubarkan akan dilaksanakan oleh kementerian terkait.

Berikut rinciannya:

just. Dewan Riset Nasional, tugas john fungsinya akan dilaksanakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset kemudian Inovasi Nasional

four. Dewan Ketahanan Pangan, tugas maka fungsinya akan dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian

3. Awak Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura, tugas matan de fungsinya dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Kementerian Perhubungan

5. Badan Standardisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan, tugas dan fungsinya dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga

5. Komisi Pengawalpengelola, pengontrol, penilik, penjaga, Haji Indonesia, tugas dan fungsiny dilaksanakan oleh Kementerian Pegangan

6. Komite Ekonomi maka Industri Nasional, tugas dan fungsinya dilaksanakan Kementerian Koordinatot Bidang Perekonomian

7. Badan Prediksi Telekomunikai, tugas dan fungsinya dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika

8. Komisi Nasional Lanjut Usia, tugas dan fungsinya dilaksanakan oleh Kementerian Sosial

9. Badan Olahraga Profesional Dalam negri, tugas dan fungsinya dilaksanakan akibat Kementerian Pemuda dan Olahraga

10. Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, tugas dan fungsinya dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

5 yang 6 halaman

Mini Lockdown ala Jokowi

6 melalui 6 halaman

Saksikan Video media Pilihan di Bawah Ini:

Related Articles

Sandiaga Uno Diyakini Bisa Kembalikan Geliat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Liputan6. com, Jakarta - Terpilihnya Sandiaga Salahudin Uno atau Sandiaga Uno jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) disambut baik sejumlah pihak, tak terkecuali pengurus OK OCE Indonesia.
Read more

Pasar uang Saham Asia Dibuka Beragam Menyambut Data Sektor Jasa China

Liputan6. com, Jakarta - Bursa saham pada Asia-Pasifik beragam pada perdagangan Jumat pagi karena investor menunggu terbit survei swasta aktivitas sektor uluran tangan China untuk September. Dikutip lantaran CNBC, Jumat (9/10/2020), di Jepang, Nikkei 225 naik 0, 15 persen sedangkan indeks Topix kurang lebih rendah.
Read more

Sertifikat Pengadilan AS Sebut Pangeran Arab Saudi Dituduh Culik Anak-Anak Melayani Politiknya

Liputan6. com, Washington, D. C. - Mantan pejabat Arab Saudi bernama Saad al-Jabri menyeret Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) ke meja hijau. Si pangeran dituduh ingin membunuh Saad selama tiga tahun terakhir.
Read more
Search for: